Puro Mangkunagaran, atau Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya>

Berebut Air Jamasan Pusaka dan Udik-udik Puro Mangkunegaran

Malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah atau masyarakat Jawa lebih mengenal dengan malam 1 Suro di Puro Mangkunegaran berlangsung khidmat dan meriah. Ribuan warga Kota Solo dan sekitarnya telah memadati Pendaha Ageng sejak sore hari.

Di malam 1 Suro tahun ini, Puro Mangkunegaran mengirab pusaka berupa tombak yang dilapisi kain berwarna kuning dan satu pusaka yang disimpan dalam jodang. Pusaka ini dikirab bersama rombongan kerabat dalem, tamu undangan, abdi dalem dan masyarakat.

Para lelaki mengenakan busana Jawa beskap berwarna hitam dengan bawahan jarit dilengkapi dengan blangkon khas Solo tanpa menggunakan alas kaki. Sedangkan rombongan perempuan juga berkebaya hitam dan bersinjang (kain) tanpa alas kaki. Mereka berjalan kaki mengelilingi tembok Puro Mangkunegaran. Selama kirab berlangsung mereka tidak diperkenankan untuk berbicara.

Bagi masyarakat Jawa, malam pergantian tahun baru ini merupakan ajang perenungan diri. Ritual tapa bisu selalu dilakukan pada Malam 1 Suro sebagai bentuk perenungan diri agar menjadi lebih baik lagi.

Setelah pusaka milik Puro Mangkunegaran diberangkatkan, ratusan masyarakat berebut air jamasan pusaka. Mereka terlihat berebutan sambil membawa botol untuk mengisi air sisa jamasan yang dipercaya sebagian masyarakat dapat membawa berkah. Seperti untuk pengobatan, penglaris dan membuat tanaman menjadi subur.

Meski basah kuyup tersiram air sisa jamasan warga masyarakat tetap bersemangat untuk ikut berebut sisa air jamasan. Alhasil sekantong plastik penuh air jamsan berhasil didapatkan.

Selain itu, masyarakat juga rela berdesakan untuk berebut udik-udik. Diantaranya yang dibagikan dan dilempar oleh KGPAA Mangkoenagoro IX dan kerabat berupa plastik berisi untaian bunga mawar dan koin, Sebagian warga mempercayai udik-udik merupakan berkah dan rejeki.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*