Puro Mangkunagaran, atau Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya>

Keindahan Taman Balekambang Mangkunegaran

Patung GRAy Partini di taman air Balekambang

Partini Tuin dan Partinah Bosch atau orang lebih mengenal dengan nama Taman Balekambang berada di Kelurahan Manahan Kecamatan Banjarsari Surakarta. Jika Kasunanan memiliki Taman Sriwedari maka Mangkunegaran memiliki Taman Balekambang. Kedua tempat ini memiliki kesamaan digunakan untuk bersantai atau berekreasi keluarga kerajaan.

Ketika awal didirikan, taman yang teduh dan asri ini belum dinamakan Balekambang. Ada dua nama yang disematkan pada taman ini, karena di dalamnya memang terdiri dari dua bagian. Pertama adalah Partini Tuin atau Taman Air Partini, yang kedua adalah Partinah Bosch atau Hutan Partinah.

Partini Tuin dan Partinah Bosch dibangun pada masa pemerintahan Mangkunegara VII (1916-1944) pada tanggal 26 Oktober 1921. Beliau menghadiahkan taman ini sebagai bentuk kasih sayang seorang ayah kepada putri-putrinya yakni GRAy Partini dan GRAy Partinah. Bahkan, kedua nama putri Mangkunegara VII ini juga diabadikan sebagai nama taman yakni Partini Tuin dan Partinah Bosch.

Patung GRAy Partinah di komplek Taman Balekambang

Ketika membuat kedua taman seluas 9,8 Ha ini, Mangkunegara VII memadukan konsep Jawa dan Eropa dengan mempertimbangkan aspek keindahan dan pelestarian lingkungan. Partini Tuin berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan atau menggelontor kotoran-kotoran sampah di dalam kota sedangkan Partinah Bosch berfungsi sebagai resapan air dan paru-paru kota.

Di Partini Tuin, terdapat sebuah kolam besar dan sebuah kolam renang dengan dua buah balai (bale). Balai pertama bernama Bale Apung. Di masa awal didirikan, balai ini digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpulnya anggota keluarga Mangkunegaran. Balai ini pula yang menjadi alasan penamaan Balekambang. Karena terletak di atas sebuah kolam jika dilihat dari kejauhan, balai ini terlihat seperti mengapung (kumambang).

Balai kedua bernama Bale Tirtayasa. Di masa lalu, balai ini berfungsi sebagai tempat berganti pakaian keluarga Mangkunegaran yang ingin berenang. Di depan balai ini, terdapat sebuah kolam renang.

Beralih ke bagian taman yang lain, Partinah Bosch merupakan taman indah yang menyimpan berbagai koleksi tanaman langka, seperti beringin putih, beringin sungsang, kenari, dan apel coklat. Di taman ini, hidup dengan bebas kawanan angsa dan rusa.

Taman Balekambang menjadi taman botani dan taman satwa.

Taman Balekambang yang sebelumnya diperuntukkan untuk keluarga Mangkunegaran, semasa KGPAA Mangkunegara VIII dimanfaatkan untuk rekreasi masyarakat. Sejak itu diadakan beragam pertunjukan kesenian rakyat, di antaranya ketoprak dan wayang orang. Pada era tahun 1970-an, hiburan Srimulat juga tampil rutin di panggung pertujukan Taman Balekambang.

Balekambang sebagai taman edukasi dan taman rekreasi bagi masyarakat.

Pada tahun 2008 Pemerintah Kota Surakarta merevitalisasi Taman Balekambang. Di samping mengembalikan ke fungsi utama sebagai daerah resapan air dan paru-paru kota, Taman Balekambang juga diperuntukkan sebagai taman seni, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*