Puro Mangkunagaran, atau Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya>

Kemantren Langenpraja Puro Mangkunegaran A Day In Indonesia 2022 Perth, Australia

Usai perhelatan International Roadshow di Malaysia bulan Juli lalu, Kemantren Langenpraja Puro Mangkunegaran melanjutkan pergelaran kesenian dan pengenalan kebudayaan di Perth, Australia. Kemantren Langenpraja yang dibina oleh GRAj. Ancilla Marina Sudjiwo ini mengenalkan kebudayaan Puro Mangkunegaran dalam acara yang bertema A Day In Indonesia 2022 kepada masyarakat Australia. Acara ini hasil kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Perth dan Western Australia Museum Boola Bardip.

A Day In Indonesia 2022 dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 bertempat di Hacket Hall, Western Australia Museum Boola Bardip, Perth. Kemantren Langenpraja Puro Mangkunegaran dan beberapa komunitas Indonesia atau diaspora turut terlibat dalam acara ini.

KJRI untuk Perth Ibu Listiana Operananta dan SIJ. KGPAA. Mangkoenagoro X turut memberikan sambutan pembuka pada acara ini. A Day In Indonesia dilaksanakan untuk menjajaki potensi kerja sama di bidang pengembangan kebudayaan, baik di Australia maupun di Indonesia.

Dalam kesempatan ini Kemantren Langenpraja menampilkan 3 tarian yaitu Beksan Golek Montro, Beksan Gatotkaca Dadung Awuk dan Beksan Gambyong Retno Kusumo. Beksan Golek Montro menceritakan putera- puteri raja yang sedang berhias mempercantik diri menyambut tamu kerajaan. Beksan Gatotkaca Dadung Awuk menceritakan Gatotkaca diutus Kresna untuk mencari mas kawin pada pernikahan Arjuna sedangkan Dadung Awuk utusan Bathara Indra sebagai penggembala kerbau danu. Beksan Golek Montro menggambarkan sekelompok gadis remaja yang sedang menunjukkan kebolehannya menari. Tarian ini untuk menyambut tamu pada perhelatan di kerajaan.

Selain menampilkan tarian, Kemantren Langenpraja juga memberikan workshop tari kepada pengunjung museum. Komunitas Indonesia atau dispora juga turut tampil dan memberikan workshop. Penampilan dan workshop yang diberikan Kemantren Langenpraja dalam kegiatan A Day in Indonesia telah memikat dan menarik perhatian masyarakat Australia dan masyarakat Indonesia yang menetap di Australia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*