Puro Mangkunagaran, atau Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya>

Mangkunegaran Performing Art 2017

Mangkunegaran Performing Art

Mangkunegaran Performing Art (MPA) merupakan salah satu acara tahunan yang digelar oleh Puro Mangkunegaran bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta. Acara ini untuk melestarikan Puro Mangkunegaran sebagai salah satu sumber kekayaan budaya di Kota Solo. MPA juga bertujuan mengenalkan budaya Mangkunegaran kepada masyarakat sekaligus mempromosikan Kota Solo sebagai kota wisata.

Mangkunegaran Performing Art tahun ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 18-19 Maret 2017 di Pendapa Agung Puro Mangkunegaran. MPA menyajikan delapan tarian, tiga karawitan gamelan, dan satu upacara adat tetesan (sunatan bagi para puteri Istana Mangkunegaran yang aqil baliq). Di samping itu dipamerkan karya topeng, foto, kuliner dan seminar kebudayaan.

Adapun karya tari yang dipentaskan sebanyak delapan macam, yaitu tari Golek Lambangsari, Gambyong Langenkusumo, Srimpi Pandelori, Bedhaya Bedhah Madiun, tari Bondoyudo, fragmen Gatutkaca-Dadungawuk, Bandabaya dan Tari Situbondo. Semua seni tari tersebut merupakan masterpiece karya Sri Paduka Mangkunegoro. Tari Langendriyan dan Tari Bondoyudo merupakan karya besar Sri Paduka Mangkunegoro IV. Tari Bedhaya Bedhah Madiun adalah karya besar Sri Paduka Mangkunegoro VII.

Untuk seni karawitan, gending-gending karya Sri Paduka Mangkunegoro disajikan dengan iringan tiga perangkat gamelan pusaka, yaitu Kiai Segara Windu, Kiai Baswara dan Kiai Pamedarsih yang telah berusia seabad lebih. Para pengrawit yang menabuh tiga perangkat gamelan tersebut juga mengiringi tarian maupun prosesi upacara adat tetesan.

Puluhan topeng koleksi Mangkunegaran juga dipamerkan dalam ajang Mangkunegaran Performing Art 2017. Topeng-topeng yang dipamerkan dahulu sebagai properti dalam kegiatan menari, selain pedang dan panah. Ada sekitar 800 koleksi topeng milik Mangkunegaran, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan maka tidak semua dipamerkan. Beberapa topeng yang ditampilkan diantaranya adalah topeng Dewi SekartajiAnomanRaden Panji, dan Parabu Klono.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*