Puro Mangkunagaran, atau Istana Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya>

Wiyosan Setu Pon KGPAA Mangkoenagoro X

Wiyosan Setu Pon KGPAA Mangkoenagoro X

Wiyosan Setu Pon (memperingati hari lahir) KGPAA Mangkoenagoro X diperingati dengan mengadakan Pergelaran Ringgit Wacucal Purwa Sedalu Natas (Pertunjukan Wayang Kulit) oleh Pasinaon Dalang in Mangkunegaran (PDMN). Kali ini dengan dalang Ki MNg. Hali Jarwo Sularso membawakan lakon Sumantri Ngenger. Beliau adalah Dwija Empu Pasinaon Dalang ing Mangkunegaran.  Acara ini dilaksanakan pada malam Sabtu tanggal 2 Desember 2022 bertempat di Pendopo Ageng Puro Mangkunegaran.

Salah satu inti cerita dari Sumantri Ngenger adalah sosok Bambang Sumantri ingin mengabdi (suwita) di Kerajaan Maespati. Sewaktu ia harus melawan raja seribu negara yang sedang mengelilingi atau mengepung Negara Magada karena para raja tersebut ingin melamar Dewi Citrawati.

Bambang Sumantri akhirnya dapat membantu menaklukkan para raja berkat bantuan adiknya yang bernama Bambang Sukrasana. Ia juga yang membantu Bambang Sumantri untuk memindahkan Taman Sriweddari dari Kahyangan sebagai salah satu syarat Bambang Sumantri bisa mengabdi di Kerajaan Maespati.

Karena kesetiaan dan kepatuhan seorang Bambang Sumantri terhadap Kerajan Maespati ia rela melakukan apapun. Termasuk membunuh adiknya yaitu Bambang Sukrasana atau Buto Bajang yang telah berjasa besar terhadap Bambang Sumantri yang ingin mengabdi di Kerajaan Maespati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*